Jumat, 03 Desember 2021
Breaking News

Selasa, 16 Jun 2020, 08:59:22 WIB, 210 View Administrator, Kategori : PENDMA

Trenggalek ( Inmas ) – Rabu ( 10/06 ) bertempat di AULA kantor Kementerian Agama kabupaten Trenggalek dilaksanakan rapat koordinasi Pelaksanaan dan Pelaporan PIGPM. Kegiatan ini digelar dalam rangka implementasi peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 27 tahun 2010 tentang Induksi Guru Pemula serta mendaklanjuti surat edaran pelaksanaan dan pelaporan Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) Seksi Pendma dan Pengawas Madrasah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh seksi Pendma ini diikuti khusus pengawas madrasah yang memiliki binaan madrasah negeri ini meliputi binaan di MIN 1, MTsN 1, MTsN 2, MTsN 3, MTsN 4, MTsN 5 dan MAN 1,MAN 2 Trenggalek. Sebagaimana telah disampaikan pada sosialisasi PIGPM kepada kepala madrasah dan guru pemula bebapa bulan yang lalu bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan secara bertahab mulai dari observasi oleh guru pembimbing dan diakhiri dengan penilaian. Nantinya guru pemula yang dinyatakan mendapatkan nilai baik akan diajukan untuk pengajuan sertifikat sebagai syarat untuk pengajuan PNS.

Pelaksanaan observasi guru pemula dilaksanakan sebanyak 8 kali oleh guru pembimbing meliputi observasi pelaksanaan proses pembelajaran yang meliputi empat kompetensi, yaitu; kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Sedangkan observasi bidang pendididkan agama Islam meliputi ; baca tulis Al-Qur’an, praktik ibadah harian dan pemahaman dasar-dasar beragama. Kegiatan ini diakhiri dengan pelasanaan penilaian oleh kepala madrasah sebanyak tiga kali dan oleh pengawas madrasah minimal satu kali. Diharapkan dengan adanya observasi dan penilain, nantinya guru pemula betul-betul memiliki kompetensi yang bagus dalam menjalankantugasnya sebagai guru serta sebagai guru madrasah harus mampu menguasai pendididikan agama Islam.

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pengumpulan laporan, dimana pada 12 Juni 2020 laporan sudah masuk ke KanKemenag (seksi Pendma) dan pada 26 Juni 2020 pengajuan sertifkat ke Kanwil Kemenag provinsi Jawa Timur sudah bisa dikirim. Harapan dari semua fihak utamanya kepala kantor Kemenag Trenggalek agar guru pemula yang berjumlah 26 orang bisa lulus semua dan mendapatkan sertifikat sehingga proses menuju PNS nantinya tidak ada kendala. (ATK )



Vaksinasi Massal untuk Pelajar di Trenggalek
Kamis, 12 Agu 2021, 15:04:04 WIB, Dibaca : 138 Kali
Hari Kedua Pelaksanaan UM , Kakan Kemenag Trenggalek Monitoring di MAN 1 Trenggalek Trenggalek
Rabu, 14 Apr 2021, 14:01:46 WIB, Dibaca : 193 Kali
Kegiatan Sosialisasi Penggunaan dan Pelaporan BOS dan BOP tahun 2021
Rabu, 14 Apr 2021, 13:59:45 WIB, Dibaca : 143 Kali

Tuliskan Komentar