Jumat, 03 Desember 2021
Breaking News

Senin, 11 Jan 2021, 13:56:31 WIB, 4365 View Administrator, Kategori : HUMAS

Trenggalek, 05/01

Saat ini wabah COVID 19 telah menjadi permasalahan dunia. Hampir seluruh negara merasakannya. Memakai masker, rajin cuci tangan, physical distancing adalah bagian penting yang harus dilakukan untuk memutus mata rantainya. Pandemi memberikan dampak di semua sistem kehidupan, baik ekonomi, sosial, spiritual, psikologis, bahkan pemerintahan. Namun situasi ini tidak menyurutkan semangat ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Trenggalek untuk terus berkontribusi memberikan yang terbaik sebagai wujud rasa cinta, pengabdian dan tanggung jawabnya terhadap institusi Kementerian Agama dan masyarakat.

Dalam rangka HAB Kementerian Agama Ke 75, banyak sekali kegiatan yang berhasil dilaksanakan oleh Kankemenag Kab. Trenggalek. Diantaranya Kegiatan Webinar pada selasa, (2912). Dengan mengangkat tema “Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi”,Kegiatan yang diikuti secara live lebih dari 175 peserta ini dilatar belakangi keprihatinan terhadap kondisi pandemi yang mengakibatkan tantangan hidup semakin berat, sektor terkecil yang paling merasakan adalah keluarga. Keluarga adalah sistem peradaban terkecil dalam kehidupan masyarakat. Ketahanan keluarga mutlak menjadi syarat utama ketahanan masyarakat bahkan negara. Ketahanan keluarga adalah kondisi dinamis suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan secara fisik, psikis, mental, spiritual guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya sehingga tercipta keluarga harmonis dan tahan terhadap goncangan, mampu survive di tengah tantangan yang sedang dihadapi. Begitulah penjelasan Qurrotul‘aini Badrudin selaku Ketua Dharmawanita Persatuan Kemenag Kab. Trenggalek sebagai keynote speaker.  Dalam Sambutannya, Beliau  juga menjelaskan  secara detail bagaimana keluarga dituntut untuk solutif dan kreatif dalam situasi dan kondisi apapun, sehingga keluarga mampu menjadi pioner utama benteng ketahanan masyarakat. Drs. H. Mustofa Alchamdani, M.SI selaku narasumber dengan materinya Membangun Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi menjabarkan secara luas tentang fungsi keluarga serta pola pendekatan yang harus dilaksanakan keluarga untuk mampu menjadi keluarga samara, harmonis dan bahagia. Mar’atus Sholihah Istamala, M.Psi sebagai narasumber ke dua, dalam materinya Menjadi Ibu Cerdas di Masa Pandemi menjelaskan peran dan fungsi ibu serta kunci suksesnya dalam pendidikan anak terutama di masa pandemi.

Berbagai perlombaan sebagai perwujudan kreatifitas tanpa batas ASN Kementerian Agama Kab. Trenggalek ikut menjadi bukti bahwa Pandemi bukan halangan dalam berkarya dan berprestasi. Lomba video pembelajaran bagi guru, lomba menulis artikel guru madrasah dan PAI, lomba menulis puisi guru madrasah & guru PAI adalah merupakan kreatifitas, inovasi  para guru sebagai pahlawan pendidikan yang tak tergoyahkan semangatnya untuk meningkatkan profesionalitas dan kwalitas pendidikan di institusi Kementerian Agama tercinta.

Lomba video layanan KUA masa pandemi adalah kontribusi layanan KUA dan penghulu yang selalu memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam hal perkawinan, perwakafan, konsultasi keagamaan dan pelayanan lainnya dengan berpegang pada asas “Bersih Melayani No Gratifikasi” serta tetap memperhatikan  protokol kesehatan di masa pandemi, sesuai dengan edaran Nomor : P.006/DJ.II/Hk.007/06/2020  tentang pelayanan Nikah Menuju Masyarakat produktif Aman Covid.

Lomba video dakwah Penyuluh Agama Islam adalah wujud kompetensi dan komitmen Penyuluh Agama Islam untuk selalu berdakwah serta memberikan Penyuluhan dengan bahasa Agama kepada masyarakat secara virtual. Pola strategi dakwah dengan format video dakwah ini diharapkan bisa memberi warna serta nuansa dakwah yang berbeda, sehingga tujuan dakwah bisa tersampaikan dengan mudah dan tidak membosankan.

Tidak ketinggalan prestasi para siswapun terimplementasi dalam lomba tilawatil Qur’an online dan olimpiade sains siswa MI, MTs, MA. Hal ini membuktikan bahwa madrasah mampu eksis dalam memberikan bimbingan dan pendidikan terbaik untuk para siswanya walaupun di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID 19.

Sebagai gambaran rasa syukur dan azas ketaqwaan, rangkaian kegiatan HAB Kementerian Agama yang tidak pernah ditinggalkan oleh Kankemenag Trenggalek adalah kegiatan Istima’il Qur’an Bil Ghoib, istighosah dan tasyakuran yang sukses terlaksana pasa Senin (4/1), walaupun saat ini semua harus dilaksanakan secara terbatas dan virtual, namun tidak mengurangi kekhusukan serta eksistensi dari kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Trenggalek Moh. Badrudin berharap melalui momentum HAB ini, ASN Kementerian Agama semakin meningkatkan profesionalitas dan kwalitasnya sehingga nantinya Kementerian Agama mampu meningkatkan manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi sehingga demi pelayanan prima terhadap umat. Beliau juga berpesan untuk semakin mendekatkan diri kepada Alloh agar pandemi COVID 19 segera berakhir.   

Rangkaian kegiatan HAB Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek kemudian ditutup dengan Upacara Hari Amal Bakti Kantor Kementerian Agama yang dilaksanakan secara live pada Selasa (5/1) di halaman Kantor Kementerian agama Kabupaten Trenggalek. Yang di mulai Pukul 7;30 WIB sampai selesai ,  dengan peserta yang sangat terbatas, namun tidak mengurangi kekhidmatannya. Upacara semakin semarak dengan adanya rangkaian Karangan  bunga Ucapan dari Bupati Trenggalek Mohammad Nur Arifin , Capil Trenggalek, Pengadilan Agama, BAZNAS, KWARCAP, BUMN ,KBIH , APRI ( Asosiasi Penghulu RI Cabang Trenggalek),MAN, MTs, POKJAWAS, KKM Dan lainnya. Rangkaian Ucapan tersebut berjajar di sepanjang jalan menuju Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek.

Setelah pelaksanaan upacara, secara live dilaksanakan kegiatan Penganugrahan Satya lencana kepada para ASN yang telah mengabdi di Kementerian Agama selama kurun waktu 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun, Acara Penganugerahan tersebut langsung di Pimpin Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek H. Moh. Badrudin. Selanjutnya sebagai ucapan dan apresiasi kepada Para pemenang kejuaraan Lomba, penyerahan hadiah, tropy dan piagam penghargaan dan Santunan Dhuafa’ disampaikan H. Moh. Badrudin, selaku Kakankemenag Kab. Trenggalek, didampingi para  Kasi serta Penyelenggara di Aula  Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek.

Seluruh Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke 75 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek bisa di akses langsung di Chanel Youtube Kemenag Trenggalek https://www.youtube.com/channel/UCEasg6Cs8ajxAnhyV2LkpYw

HAB ke- 75 Kemeterian Agama dengan tema “Indonesia Rukun” diharapkan menjadi penyemangat Kementerian Agama untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik di masa mendatang, mengawal kerukunan semua elemen dalam bangsa dan negara Indonesia, serta selalu mengedepankan akal sehat dan hikmah kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini dan masa yang akan datang.

DIRGAHAYU KE 75 KEMENTERIAN AGAMA RI        

by.(Md )



Kanwil Kemenag Jawa Timur Salurkan Bantuan Terdampak Gempa Bumi di Kemenag Kab Trenggalek
Senin, 20 Sep 2021, 14:52:46 WIB, Dibaca : 102 Kali
Penyerahan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha di Kabupaten Trenggalek
Kamis, 12 Agu 2021, 15:08:30 WIB, Dibaca : 112 Kali
Vaksinasi Massal untuk Pelajar di Trenggalek
Kamis, 12 Agu 2021, 15:04:04 WIB, Dibaca : 138 Kali

Tuliskan Komentar