Jumat, 24 September 2021
Breaking News

Kamis, 12 Agu 2021, 15:08:30 WIB, 56 View Administrator, Kategori : HUMAS

Dalam rangka memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek menyerahkan sertifikat halal kepada 3 pelaku usaha. Penyerahan sertifikat halal kepada pelaku usaha dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, H. Moh. Badrudin disaksikan oleh Plt.Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Imam Sopingi ( selaku Ketua Satgas Sertifikasi Halal Kankemenag kab Trenggalek ) bertempat di Ruang PTSP  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek.Senin ( 2/8/2021 )

Dalam sambutannya, H. Moh. Badrudin menyampaikan sertifikat diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Beliau mengapresiasi para pelaku usaha yang telah melaksanakan sertifikasi halal. Beliau menghimbau para pelaku usaha dilingkungannya yang belum bersertifikasi halal untuk mempersiapkan diri melaksanakan sertifikasi halal.

“Sertifikasi halal bagi produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha sangat penting, karena dengan bersertifikat halal maka diharapkan tujuan penyelenggaraan jaminan produk halal dapat terwujud dengan baik, sehingga sertifikasi halal juga berimplikasi pada peningkatan kualitas dan daya saing produk halal yang dihasilkan oleh pelaku usaha,“ tandasnya

Di dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014, dinyatakan bahwa penyelenggaraan JPH bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk, dan juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal. “Dengan sertifikat halal, maka pelaku usahanya nyaman, umat juga tenang,” katanya.

Diakhir sambutannya beliau berpesan, “bagi pelaku usaha bisa menjaga amanah dalam menjalankan usaha untuk bisa menjaga kualitas kehalalanya. Dengan lebel produk halal berharap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan meningkat,“ pungkasnya.

Sementara itu, Plt Penyelenggara Zawa   mengajak para pelaku usaha untuk memahami kaidah-kaidah syariat terkait dengan kehalalan suatu produk. Menurutnya, produk tidak hanya cukup memenuhi kriteria halal dari sisi cara pemerolehannya, namun juga harus memenuhi aspek kehalalan baik terkait dengan bahan yang digunakan maupun proses produksi yang dilakukan.

Selanjutnya dikatakan  di era Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, minta dukungan pada masyarakat khususnya kepada pelaku UMKM yang menerima sertifikat halal dapat mendukung pencanangan  ZI,” pintanya.(md)



Kanwil Kemenag Jawa Timur Salurkan Bantuan Terdampak Gempa Bumi di Kemenag Kab Trenggalek
Senin, 20 Sep 2021, 14:52:46 WIB, Dibaca : 6 Kali
Penyerahan Sertifikat Halal kepada Pelaku Usaha di Kabupaten Trenggalek
Kamis, 12 Agu 2021, 15:08:30 WIB, Dibaca : 56 Kali
Vaksinasi Massal untuk Pelajar di Trenggalek
Kamis, 12 Agu 2021, 15:04:04 WIB, Dibaca : 82 Kali

Tuliskan Komentar